Rabu, 21 November 2012

Ayam atau Kalkun mana yang lebih bergizi ?


Situs Live Strong dan dikutip dari DetikFood membandingkan kandungan daging kalkun dan ayam untuk dada dan paha di 100 gram penyajian . Berikut ini adalah perbandingannya .
foto: thinkstock


  1. Kalori , Protein dan lemak  pada ayam dan kalkun hampir sama . namun daging dada lebih tinggi protein dan rendah lemak di bandingkan daging pada paha . untuk urutannya ayam dan kalkun mempunyai 110 da 111 kalori  1% dan 2% lemak , serta 46% dan 49% dari kebuthan protein harian . sedangkan pada bagian paha ayam dan kalkun mengandung lemak 6% dan 4% ,
  2. Vitamin , ada  4 jenis kandungan vitamin B pada kalkun dan ayam , baik di bagian dada ataupun paha kurang lebih sama . didalamnya terdapat kandungan thiamine 3-5% , Vitamin B12 8-8% , Folat 1-2% dan pantothenic acid 7-8% dari kebutuhan harian . Namun pada ayam lebih unggul dalam kandungan niacin disbanding kalkun , turutama pada bagian dada . terdapat 56% niacin pada dada ayam disbanding kalkun yang Cuma 31%.
  3. Mineral estensial dapat ditemukan dalam daging kalkun dan ayam , baik di bagian dada ataupun paha . keduanya banyak mengandung fosfor 17-21% , serta potassium ,magnesium , dan zat besi 5-10% dari kebutuhan harian . Bukan hanya itu saja sebanyak 1-4% kalsium , sodium dan mangan juga terdapat dalam kedua daging unggas tersebut . Namun , daging kalkun mengandung lebih banyak zat tembaga 6-7% dari ayam 2-3% dan juga kandungan selenium kalkun jauh lebih tinggi di bandingkan ayam yaitu 35%-41% dibandingkan 19-25% . Kandungan zinc kalkun juga dua kali lebih banyak 14-20% dari ayam .
  4. Kolesterol , Untuk kandungan kolesterol , kalkun dan ayam memiliki kandungan kolesterol yang hampir sama , dan daging dada lebih rendah kolesterol 20% daripada paha 28% .

Dari kesimpulan ini daging ayam dan kalkun mempunyai kandungan yang hampir sama .


Informasi Ayam atau Kalkun mana yang lebih bergizi ? berdasarkan sumber detikfood dan diulas kembali oleh layakbaca.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar