Jumat, 26 Oktober 2012

Manfaat Lain dari Olahraga Angkat Beban Untuk Menurunkan Resiko Sakit Jantung dan Sakit Gula


Manfaat Lain dari Olahraga Angkat Beban Untuk Menurunkan Resiko Sakit Jantung dan Sakit Gula
foto republika
Tahukah kamu , Olahraga Angkat beban ternyata bukan hanya digunakan untuk membentuk otot atau membuat tubuh sixpack yang banyak di idam-idamkan pria , Olahraga ini ternyata punya manfaat lain yakni untuk menurunkan resiko sakit jantung dan sakit gula .

Hal ini disimpulkan oleh peneliti dari University of North Florida yang mengamati lebih dari 5.000 orang dewasa di AS dengan meminta melakukan olahraga angkat beban sebagai bagian dari National Health and Nutrition Examination Survey 1999-2004 .

Lalu peneliti juga mencek sempel darah partisipan untuk melihat apakah ada kaitannya antara angkat beban dengan resiko sindrom metabolic yang mungkin dialami partisipan tersebut . Sindrom Metabolik adalah sekelompok faktor resiko yang dikaitkan dengan peningkatan resiko terhadap sakit jantung dan diabetes .

Dan Ternyata penelitian tersebut menemukan bahwa partisipan yang melakukan olahraga angkat beban 37 persen berpeluang lebih kecil menderita kondisi sakit jantung dan sakit gula. Tetapi ada juga partisipan yang melakukan angkat beban tetapi menderita sindrom metabolic namun jumlahnya hanya seperemat , sedangkan yang tidak angkat beban dan mengidap sindrom metabolic mencapai 37,3 persen .

Kesimpulan dari tim peneliti Dr.Peter Magyari dikutip dari Daily Mail , Pakar olahraga seharusnya mendorong digalakkannya olahraga angkat beban bagi para orang dewasa dari berbagai usia untuk meningkatkan kesehatan metabolisme.


Informasi Manfaat Lain dari Olahraga Angkat Beban Untuk Menurunkan Resiko Sakit Jantung dan Sakit Gula  berdasarkan sumber detikcom dan diulas kembali oleh layakbaca.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar