Sabtu, 22 Desember 2012

Sejarah Kenapa Ada Hari Ibu

kamu memperingati hari ibu tau gak sejarahnya gimana ? jika belum mari lanjutkan membaca artikel ini ya :) . Layakbaca akan merangkum sejarah Hari ibu yang bertepanan pada 22 Desember dimana tanggal tersebut adalah tanggal untuk memperingati Hari Ibu Sedunia .



Sejarah Hari Ibu :

Hari ibu sesungguhnya adalah hari yang penuh dengan perjuangan kemerdekaan seorang ibu untuk Bangsa Indonesia . Karena sejarang hari ibu tidak lepas dari Kongres Pemuda 28 oktober 1928 , dimana kaum perempuan terpanggil untuk ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia tercinta ini .

Dan pada tangga 22 Desember 1928 diadakan kongres Perempuan I di Yogyakarta . dari kongres pertama ini tumbuh kesadaran bawa perjuangan kaum perempuan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri .

Dan terbentuklah sebuah wadah(federasi) perjuangan tersebut yang diberi nama Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI) . yang pada tahun 1929 berganti nama menjadi Perkaitan Perkumpulan Istri Indonesia (PPII) , wadah ini sapai tahun 1935 menunjukan kiprahnya secara luas .

Pada tahun yang sama wadah (federasi) ni menggelar kembai kongres dan membuahkan sebuah pernyataan penting bahwa PPII “Mewujudkan Perempuan Indonesia Sebagai Ibu Bangsa”.

Di era tersebut hari ibu adalah sebagai hari dimana Ibu bangsa memperjuangkan kaumnya , berbeda dari jaman sekarang hanya berfikir terhadap dirinya sendiri . Dan hal itulah yang mendasari semangat Hari ibu pada 22 Desember dan bukan hanya menjadi ibu bagi anak-anaknya tapi menjadi ibu bagi bangsanya .

Bagaimana Menurut kalian tentang hari Ibu ? mungkin akan berbeda dari diri kamu tentang pengertian hari ibu ya :)


Informasi Sejarah Kenapa Ada Hari Ibu  berdasarkan sumber iwita dan di rangkum kembali oleh layakbaca.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar