Sabtu, 22 Desember 2012

Dunia Pernah Hampir Kiamat Gara-gara Bakteri (mikroba)


Desas –desus yang beredar tentang hari kiamat pada karena habisnya kalender suku maya ternyata hanya sebuah omong kosong belakang XD . dan ini kabar yang pastinya belum tentu kamu tau , dulu jutaan tahun yang lalu , lama bener ya XD , dunia ini pernah hampir kiamat loh , tapi bukan di karenakan bencana alam yang maha dasyat melainkan karena mikroba .

foto : google image

Nah Mikroba itu apa ? jawabnya dibawah ya :D . baca terus aja oke ..

Sekitar 251 juta tahun yang lalu , sekitar 90 persen spesies di bumi punah , didarat sekitar 70 persen dan 96 hewan laut .karena kepunahan tersebut bumi memerlukan waktu 10 juta tahun untuk mengambalikan keanekaragaman hayati yang musnah tersebut .

Dan karena hal inilah para ilmuan mempunya beberapa perbedaan teori tentang kepunahan tersebut . Sebagian besar peneliti mempercayai bahwa kepunahan tersebut dikarenakan serangkaian letusan gunung berapi di wilayah Siberia yang meningkatkan gas rumah kaca dan membunuh banyak spesies .

Tapi berbeda dengan teori Daniel Rothman dari Massachusetts Institute of Technologi , penjelasan ia dalam makala yan di presentasikan pada pertemuan American Geophysical Union , bahwa ia percaya kepunahan missal tersebut dikarenakan oleh sesuatu yang lebih kecil , yaitu jenis bakteri (mikroba).

Nama bakteri tersebut adalah Methanosarcina yaitu jenis mikroba yang hidupnya di laut dan menghasilkan sebagian besar gas metana di dunia hingga saat ini .

Dikutip dari DetikHealt dari Medical Daily . Rothman menemukan bahwa Methanosarcina sudah memiliki kemampuan menghasilkan metana sejak 231 juta tahun lalu .

Tapi banyak ahli tidak setuju dengan teorinya ini .

Kalo kamu setuju gak ? :D .


Informasi Dunia Pernah Hampir Kiamat Gara-gara Bakteri (mikroba) berdasarkan sumber detikHealth dan di ulas kembali oleh layakbaca.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar