Sabtu, 29 Desember 2012

Inilah Kebenaran Broadcast Massage Tentang Penularan TBC Melalui Terompet Tahun Baru


Tinggal beberapa hari lagi kita meninggalkan tahun 2012 dan berganti ke 2013 . dan mulai banyak deh pedagang terompet :D . Bahkan ad rumor beredar terompet tersebut menularkan kuman TBC karena sudah ditiup banyak orang yang mencobanya ketika ingin membeli . Bener gak ya ??



Informasi tersebut di dapatkan dari pesan singkat Broadcast massage . Bunyi informasinya adalah

“Hati2 ketika beli terompet atau sejenis apapun karena ada virus yg kita tidak tau terutama TBC..., apalagi untuk anak-anak karena terompet itu sudah ditiup sama tukangnya dan sudah dicoba-coba orang lain.
Penularan virus itu melalui air liur yg sudah ada di terompet tersebut, lebih baik beli yg pakai pompa tekan. Tolong sebarkan info ini semoga bermanfaat.”

Dan inilah kebenarannya , dilansir dari DetikHealt berdasarkan ungkapan dari Dr Erlina Burhan, MSc , SpP(K) , seorang pakar penanggulangan TBC di RS PAru Persahabatan , ia menyampaikan bantahannya atas informasi tersebut . Menurutnya bukan sisah air ludah di ujung terompet yang menularkan . tetapi udara yang terkontaminasi oleh kuman TBC .

“ itupun kalau di udara terbuka dan ada sinar matahari ya tidak apa-apa . Kuman TB kalau kena sinar matahari akan mati kok” , kata Dr Erlina .

sumber detikhealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar