Senin, 24 Desember 2012

Kacang Bisa Bikin Jerawat ? Mitos atau Fakta !





Rata-rata ketika bergadang makanan yang melengkapi kegiatan itu adalah snack kacang , ya gak ? hmm.. makanan satu ini memang bisa beradaptasi dimana aja ya , dia bisa berada di sayur asem , di es cream (sebagai toping) bahkan bisa di sambel (sambel kacang) .Makanya kalangan muda pada suka banget tuh makan kacang .

Bukan suka saja sama si kacang , tapi juga ada perasaan takut saat memakannya , soalnya ada mitos tentang kacang yang sangat melekat , yaitu kacang bisa mengakibabkan jerawat ? whaat…… ?? kacang = Jerawat ?. kamu percaya hal tersebut ?.

Oke saya lanjutkan, sebelum memecahkan kasus kacang yang dituduh menyababkan jerawat , alangkah baiknya mencari tau sejarah dan  manfaat kacang terlebih dahulu.

Sejarang singkatnya kacang .

Nenek moyang kacang , kacang tanah itu berasal dari Amerika Selatan tepatnya di Brazil  dan yang nanam pertama kalinya itu adalah orang Indian (suku setempat di Amerika) , setelah itu pendatang dari Eropa melakukan perkembangan penanaman  kacang tanah tersebut . terus masuk ke Indonesianya itu pada awal abad ke-17 di bawa sama pedagang Cina dan portugis , di Indonesia sendiri kacang ditanam awalnya di Pulau Jawa , Sumatra Utara , Sulawesi dan sekarang sudah mencakup seluruh Indonesia .

Kandungan yang ada dalam Kacang tanah.

Didalam diri kacang tanah mengandung lemak 40-50% , protein 27% , karbohidrat , lestin, kolin , serta vitamin yang cukup lengkap yaitu (A,B,CD,E, dan K) . bahkan kacang mengandung mineral yakni Calcium , Chlorida, Ferro, Magnesium, Phospor, Kalium dan Sulphur . Terus  kacang punya protein yang jauh lebih tinggi dari daging , telur dan kacang kedelai (sodara kacang tanah), terus lagi kacang mengandung asam amino tinggi  dan bahkan minyak dari kacang adalah sumber terbaik pencuci perut . Nahh banyak kan kandungan dari kacang ?

Terus kenapa ada anggapan kacang menyebabkan Jerawat ya ?? Oke lanjutkan lagi ya ..

Kembali keparagraf awal , dimana kacang bisa beradaptasi dimakanan apa saja , ternyata kacang bisa di sulap menjadi  banyak bahan makanan , kacang bisa menjadi bahan membuat keju, mentega, sabun , dan minyak goreng dan masih banyak lagi deh .

Dan Yang ini harus di ketahui , dengan mengkonsumsi kacang dapat mencegah radikal bebas , menurunkan tekanan darah dan kolesterol darah bahkan bisa menghindari dari serangan jantung , Hebat bukan kacang ? makin gak percaya deh kalo kacang penyebab jerawat XD .

Terus kenapa kacang di tuduh penyebab jerawat ? lanjut yukk ..

Sebelum ke hal tersebut , cari tau dulu penyebab jerawat itu apa , menurut sumber tanyadok , jerawat itu terjadi karena Hormon androgen mempunyai peran penting timbulnya jerawat . Biasanya Hormon ini aktif pada usia remaja , menjelang Mens (wanita) , saat kehamilan . dan faktor lainnya penyebab jerawat adalah makanan berlemak, pemakaian kosmetik yang mengandung minyak, jarang membersihkan muka , stress , kurang tidur /istirahat , cuaca dan udara terlalu panas .

Masih percaya gak kacang penyebab timbulnya jerawat ? kalo saya si enggak ya XD . mungkin ini bisa memperjelas ..

Sebuah riset dari American Academy of Dermatology untuk urusan kecantikan kulit mengungkapkan hal yang bertolak belakang dari mitos tersebut . mereka mengatakan pendapat bahwa jerawat tidak disebabkan oleh coklat , ice cream atau kacang .

Terus lagi Colodradi State University Departement of Health and Exrices , mereka meneliti sekitar 1300 orang penduduk pulau kitivan di Papua New Guinea yang berpuasa makan manis serta makan berkarbohidrat , sehari-hari mereka hanya makan ikan buah dan daging yang di masak secara tradisional , dan hasilnya tidak ada satupun jerawat yang ada di wajah mereka .

Jadi , Mengkonsumsi banyak gula akan meningkatkan kadar insulin dalam darah dimana hal tersebut memicu produksi hormone androgen yang akan membuat kulit berminyak, Ini pernyataan dari Howard Murad , Profesor dari UCLA School of Medicine .

Jadi kacang bukanlah penyebab jerawat , mungkin kamu yang bergadang sambil makan kacang terus esok harinya berjerawat , jangan salahkan kacangnya , tapi salahkan diri kamu yang kurang tidur . inget loh kurang tidur bisa menimbukan jerawat , terus harus perhatikan pola makan juga .

Ada yang punya pendapat lain ? silahkan tulis di komentar :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar