Minggu, 06 Januari 2013

Tumor Langka ini Tumbuhkan Rambut di Mata Pasien

Tumor pada mata remaja Iran yang menyebabkan tumbuhnya rambut di permukaan mata. (sumber: The New England Journal of Medicine ©2013)
Seorang dokter mata mungkin cukup beruntung untuk bisa menemukan dua kasus tumor itu selama karirnya

Sebuah tumor langka telah membuat mata seorang pemuda berusia 19 tahun ditumbuhi rambut, demikian lapor para dokter di Tabriz University, Iran.

Tumor yang disebut limbal dermoid itu adalah jenis tumor jinak dan telah tumbuh di mata remaja tersebut sejak lahir. Secara teratur tumor itu tumbuh hinnga berdiameter di 5 milimeter dan diatasnya tumbuh sejumlah rambut berwarna hitam.

Limbal dermoid adalah tumor langka, seorang dokter mata mungkin cukup beruntung untuk bisa menemukan dua kasus tumor itu selama karirnya, demikian kata Mark Fromer, direktur Fromer Eye Centers di New York, Amerika Serikat. Fromer tidak terlibat dalam pengobatan remaja penderita tumor mata di Iran itu.

Tumor itu mengandung jaringan yang biasanya ditemukan di bagian tubuh lain. Biasanya limbal dermoid mengandung folikel rambut, kelenjar keringat, dan tulang rawan. 

Tumor itu juga bisa menyebabkan pandangan yang kabur (astigmatisme) meski tidak membuat mata buta sama sekali. Hal itu bisa terjadi karena tumor itu biasanya tidak menutup inti kornea mata, bagian yang paling penting dari mata.

Limbal dermoids bisa diangkat, tetapi biasanya tidak mengubah daya lihat pasiennya.

Adapun remaja di Iran itu mengalami ketidaknyamanan dan gangguan penglitan pada mata yang ditumbuhi tumor itu. Dia memutuskan untuk mengankat tumor itu dengan operasi.

Kasus tumor limbal dermoid pada remaja itu dilaporkan secara rinci dalam New England Journal of Medicine edisi 2 Januari.

Berita kesehatan ini berdasarkan sumber beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar