Jumat, 18 Januari 2013

Mencegah Flu dengan Buah-buahan dan Tahu


Musim hujan sudah pasti penyakit batuk dan pilek serta demam paling sering menyerang dan tentunya kita harus mempersiapkan kekebalan tubuh untuk menghadapinya, karena jika sudah terkena virus tersebut aktivitas pun akan terganggu .

Untuk itu kita harus mencegah virus tersebut menyerang, layakbaca kali ini share beberapa buah dan makanan yang bermanfaat untuk mencegah virus tersebut , informasi ini dikutip dari detikfood  , simak dibawah ya :

sumber gambar : Google image


Mencegah Flu dengan Buah-buahan dan Tahu 

1. Kiwi

Kiwi mengandung 90-110 mg vitamin C, lebih dari jeruk. Buah ini merupakan sumber potassium yang baik, yakni mineral penting untuk syaraf dan otot yang kuat. Di dalamnya juga terdapat vitamin E untuk memperkuat kekebalan tubuh. Apalagi, dalam buah asam manis ini juga terdapat antioksidan flavonoid dan karotenoid untuk mendorong kesehatan saluran pernafasan, jantung, dan kebugaran secara menyeluruh.

2. Biji labu kuning

Di dalam biji labu kuning terdapat vitamin, asam amino, dan mineral, termasuk zinc. Zinc membantu sistem kekebalan tubuh dengan berperan sebagai antioksidan dan meminimalisir kerusakan pada membran sel akibat radikal bebas. Selain dapat dikudap sebagai camilan, biji labu kuning nikmat dicampurkan dalam yogurt, oatmeal, atau kue.

3. Bit

Bit mengandung antioksidan dan magnesium, mineral yang membantu fungsi syaraf dan otot. Selain itu, bit juga dapat mencegah cacat lahir karena kaya akan folat. Umbi ini terutama baik untuk wanita yang akan melahirkan dan bagus untuk kesehatan jantung. Anda bisa memblender bit yang sudah dimasak bersama jus jeruk, dan saring  sebelum diminum.

4. Lemon
Selain kaya akan vitamin C, lemon mendorong pertumbuhan bakteri baik. Sebaiknya lemon digunakan untuk menggantikan gula dan garam, karena keduanya bisa memperlemah sistem kekebalan tubuh. Saat minum teh di pagi hari, misalnya, campurkan perasan air lemon dan jangan tambahkan gula.

5. Blueberries

Tak heran blueberry tergolong makanan super. Di dalamnya banyak sekali terkandung antioksidan dibanding buah dan sayur lain. Blueberry juga merupakan salah satu makanan yang paling tinggi kandungan anthocyanidinnya, atau antioksidan untuk memerangi kanker. Apalagi, buah ini juga banyak mengandung vitamin C, mangan, dan serat.

6. Tahu

Orang yang kurang mengonsumsi protein cenderung menumpuk karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tahu merupakan makanan komplet yang mengandung protein, kalsium, dan asam lemak omega-3 yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar