Kamis, 17 Januari 2013

Penyakit yang harus diwaspadai ketika banjir


Penyakit yang harus diwaspadai ketika banjir
Jakarta sudah beberapa hari ini terkepung oleh banjir yang terjadi dimana-mana , dan mengakitbatkan para korban banjir harus mengungsi dan pastinya di pengungsian daya tahan tubuh akan menurun  sehingga penyakit menjadi lebih mudah menyerang .

sumber gambar : Merdeka.com


Layakbaca kali ini share penyakit yang harus diwaspadai ketika musim hujan dan bajir, informasi ini didapatkan dari Dr. Ari Fahrian Syam , SpPD, K-GEH dikutip dari sumber DetikHealth. Simak dibawah ini:


1. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)

"ISPA mudah terjangkit dari orang ke orang, apalagi di tempat yang pengap dan lembab," tutur Dr Ari.

Pasien dengan ISPA biasanya akan mengeluh batuk, pilek dan bersin. Biasanya disertai demam dan badan terasa pegal. Mengingat penularan ISPA ini dari droplet (percikan liur), maka dianjurkan untuk seseorang yang sedang batuk dan bersin untuk selalu menutup mulut saat bersin dan batuk.

2. Diare

Salah satu ancaman kesehatan saat banjir adalah diare, yang ditandai dengan peningkatan frekuensi buang air besar dan wujud tinja yang cair seperti bubur. Komplikasi diare yang paling utama adalah dehidrasi, yakni kekurangan cairan dan elektrolit yang bisa memicu kematian.

"Kualitas air yang kurang baik membuat banyak orang mengalami diare. Biasanya tidak pas banjirnya, tapi 1 atau 2 hari setelah banjir surut," ujar dokter yang juga merupakan konsultan lambung dan pencernaan di RSCM-FKUI ini.

3. Radang paru (pneumonia)

"Biasanya pada orang tua (lanjut usia) dan anak, bisa menjadi radang paru-paru atau pneumonia. Ini yang paling berbahaya," jelas Dr Ari.

Pneumonia merupakan penyakit radang infeksi akut yang mengenai paru-paru. Penyakit ini biasanya tidak berbahaya. Namun pneumonia bisa saja menyebabkan kematian jika menyerang orang berusia lanjut atau bayi, serta orang dengan kekebalan tubuh lemah.

4. Kambuhnya penyakit kronis

"Orang-orang yang punya penyakit kronis, seperti Diabetes Mellitus (DM), darah tinggi (hipertensi), bisa makin parah karena putus obat. Belum lagi kondisi banjir, macet di mana-mana bikin stres tinggi. Ini bisa berbahaya," tambah Dr Ari.

Menurut Dr Ari, ancaman penyakit tersebut patut diwaspadai terutama bagi orang yang paling mungkin terpapar seperti anak-anak, orang lanjut usia dan orang dengan penyakit kronis. (sumber : DetikHealth)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar