Selasa, 14 Mei 2013

Mitos dan Fakta Seputar Tidur


MITOS DAN FAKTA SEPUTAR TIDUR

Di Indonesia bahkan di seluruh dunia mengenal namannya mitos, biasanya sih mitos ada yang masuk akal ada juga yang gak masuk akal. Nah untuk itu jangan mempercayai begitu saja mitos-mitos yang beredar.  Simak yuk yang satu ini mitos dan fakta seputar tidur.

Mitos dan Fakta Seputar Tidur


Mitos: Minuman beralkohol membuat tidur nyenyak.
Faktanya : Minuman beralkohol hanya akan membuat tubuh lelah, kareena alkohol adalah bahan alami yang menjauhkan tubuh untuk memproduksi melatonin, yaitu zat yang dipoduksi tubuh untuk memperoleh tidur nyanyak. Jadi jika kalian minum alkohol sebelum tidur  hanya akan merasa lelah ketika terbangun.

Mitos : Hal terbaik yang harus dilakukan ketika mengalami insomnia adalah tetap berbaring di ranjang.
Fakta : Para ahli masalah tidur memiliki pendapat yang berbeda satu dengan yang lain, tetapi mereka setuju bahwa saat insomnia menghampiri, yang harus kamu lakukan adalah santai dan nyaman.  Jadi tidak semua orang nyaman selalu berada di ranjang. Lakukanlah sesuatu yang membuat diri terasa nyaman

Mitos: Ruang yang hangat membuat tidur nyaman.
Fakta : Menurut penelitian National Sleep Foundation, suhu yang ideal untuk mendapatkan tidur yang nyenyak ada pada angka 12 -24 derajat celsiuc. Karena suhu tersebut cocok untuk menurunkan suhu tubuh dan bisa mendapatkan tidur yang nyenyak. Tapi Kalian juga boleh menarik selimut atau memakai kaus kaki untuk mendapatkan tidur yang sehat.

Mitos: Secangkir kopi di sore hari tidak akan mengganggu tidur
Fakta : Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas pada kafein. Yang harus diketahui adalah tubuh memerlukan waktu tujuh jam untuk memecah setengah jumlah kafein yang telah dkonsumsi dan sensitivitas tubuh pada kafein bisa selalu berubah setiap waktu.

Mitos: Cemilan yang mengandung banyak karbohidrat membuat tidur lebih lelap.
Fakta : Sebenarnya karbohidrat akan meningkatkan triptofan, zat yang dapat meningkatkan hormon pengganggu tidur yaitu serotinin. Para ilmuan memperingatkan agar setiap orang berhati-hati terhadap makanan berat saat tidur . Karena makan larut malam tidak hanya meningkatkan suhu tubuh tapi juga menggangu sistem pencernaan dan akhirnya menggangu kenyamanan tidur.

Nah itu tadi mitos dan fakta seputar tidur, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Sumber: Vemale 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar