Sabtu, 06 April 2013

Pentingnya Medical Check Up Sebelum Menikah



Pentingnya Medical Check Up Sebelum Menikah


Untuk Anda yang ingin menikah, tahu gak seberapa pentingnya Medical Check up Pra Nikah? Untuk Jawabnya ada pada diri sendiri :)
 
Jika Anda ingin melakukan Medical check up pra nikah, Ideal dilakukan 6 bulan sebelum pernikahan berlangsung, tapi ini tergantung kesiapan masing-masing pasangan dan calon pasangan.

Diwajibkan untuk berpuasa selama 10-12 Jam sebelum pengambilan darah dan selama berpuasa hanya diperbolehkan minum air putih serta dianjurkan untuk tidur dan istirahat yang cukup.

Tujuan dari medical cek up pra nikah adalah agar pasangan yang akan menikah melakukan pencegahan dengan cara mendeteksi kesehatan reproduksi (fertilitas) dan genetika (keturunan), misalnya talasemia, buta warna, hemophilia dan lainnya. Karena dari sini calon pengantin akan mempunyai pemahaman bahwa bila orangtua atau garis keturunannya menidap penyakit genetik, maka anak yang akan lahir nanti pun beresiko mengidap penyakit sama.

Setelah calon pengantin melakukan medical check up pra nikah diharapkan akan merubah perilakunya bila memiliki kebiasaan tidak baik seperti, minum alcohol, merokok atau memakai narkoba.

Tahap-tahap pemeriksaan kesehatan pranikah :
1. Pemeriksaan riwayat kesehatan umum.

2. Pemeriksaan hamatologi rutin. Bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara umum selain mendeteksi  adanya kelainan sistemik, penyakit infeksi maupun penyakit darah.

3. Pemeriksaan urin untuk mengetahui kondisi ginjal dan saluran kemih.

4. Tes gula darah untuk mendiagnosa penyakit diabetes mellitus.

5. Pemeriksaan serologi TORCH yaitu antibodi untuk penyakit toksoplasma, rubella, citomegalovirus dan herpes simpleks.

6. VDRL atau RPR untuk mendeteksi penyakit sifilis dan gonorrhea

7. Tes antibodi terhadap virus penyebab hepatitis khususnya hepatitis B.

8. Tes deteksi HIV (Human Immuno deficiency Virus).
Semoga bermanfaat :)

Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar