Rabu, 10 April 2013

Metode-metode Melahirkan dengan Cara yang Normal


Biasanya cara melahirkan yang diketahui oleh masyarakat adalah dengan cara melahirkan normal dan oprasi caesar.  Dari proses pemulihan, proses kelahiran normal lebih menguntungkan karena lebih cepat pulih, sedangkan untuk oprasi caesar memerlukan waktu yang lama untuk mengembalikan kondisi tubuh sang ibu menjadi seperti semula.

Metode-metode Melahirkan dengan Cara yang Normal


Selain itu, ternyata kelahiran normal ada beberapa pilihan metode lagi loh, dan inilah metode yang sering dipakai dikutip dari Americanpregnancy.org:

  1. Water Delivery , dikenal juga dengan istilah waterbirth atau gentle birth dan dilakukan di dalam bak berisi air. Tujuannya untuk membuat calon ibu merasa lebih rileks.
  2. Lamaze. Dikembangkan oleh Dr Ferdinan Lamaze, teknik ini membantu calon ibu diajari cara mengambil napas dalam-dalam, pijatan, konsentrasi, dan cara mengontrol rasa sakit selama bersalin.
  3. Hipnosis. Pada tahun 1940-an, Dr Grantly Dick-Read memperkenalkan pemakaian teknik hypnosis pada ibu melahirkan. Pikiran akan dibawa ke keadaan relaksasi total, sehingga otot-otot tubuh bisa berfungsi sebagaimana telah dirancang. Ibu yang menggunakan metode ini akan merasa seperti melaun, rileks, kale tetapi  tetap sadar dan terkendali.
  4. Metode Bradley. Dikembangkan oleh Dr Robert Bradley pada tahun 1940-an, metode ini membuat calon ibu melahirkan dengan sesedikit mungkin bantuan obat. Kelas yang diajarkan mencakup asupan gizi yang baik, teknik-teknik relaksasi dan mengendalikan rasa sakit.
  5. Metode Alexander. Pada abad ke-20, FM Alexander memperkenalkan teknik relaksasi yang diberi nama sesuai namanya yakni Teknik Alexander. Di dalamnya tercakup teknik duduk, berdiri dan bergerak secara efisien, aman dan melegakan.
Nah, Ladies.. Mungkin ada salah satu metode yang bisa kalian pilih untuk persalinan sang buah hati nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat ya! :)

Sumber: HealthDetik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar