Jumat, 15 Februari 2013

Baik atau Buruknya Susu Kedelai untuk Kesehatan

Sahabat Layakbaca - Mau tau apakah susu kedelai baik atau buruknya susu kedelai? simak di informasi berikut, informasi baik atau buruknya susu kedelai didapatkan berdasarkan sumber merdeka dilangsir dengan LiveStrong :

Baik atau Buruknya Susu Kedelai untuk Kesehatan
sumber gambar : sehatterussehat.com



Asal susu kedelai
Seperti namanya, susu kedelai berasal dari kedelai yang dicampur dengan air kemudian direbus dan menghasilkan produk susu.

Nutrisi
Tidak seperti susu sapi, susu kedelai lebih rendah lemak dan tidak berkolesterol. Namun protein susu kedelai tak kalah banyak jika dibandingkan dengan susu sapi. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan kalau susu kedelai punya khasiat menurunkan risiko beberapa jenis penyakit. Misalnya mencegah hormon pemicu kanker dan meringankan gejala menopause pada wanita.

Laktosa dan casein
Beberapa orang yang menderita laktosa intoleran tidak mampu mengonsumsi susu sapi. Kondisi tersebut menyebabkan nutrisi laktosa dalam susu gagal dicerna oleh tubuh. Efek dari laktosa intoleran adalah mual, muntah, hingga diare. Sementara itu, susu kedelai tidak mengandung laktosa sama sekali sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Casein adalah nutrisi lain yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada beberapa orang. Casein merupakan protein yang ada dalam susu sapi yang bersifat memicu alergi dan mengganggu sistem imun. Karena protein adalah senyawa penting, susu kedelai menjadi pilihan baik yang bisa dikonsumsi bagi orang-orang yang alergi susu sapi.

Kalsium
Kelemahan susu kedelai adalah kandungan kalsiumnya yang tidak sebanyak susu sapi. Padahal kalsium adalah nutrisi penting yang menjaga kesehatan tulang dan gigi. Oleh sebab itu penikmat susu kedelai biasanya mengimbangi asupan kalsium dengan suplemen tersendiri.

Rasa
Bagi sebagian besar orang, susah menentukan rasa susu kedelai yang cocok di lidah. Namun untungnya sekarang sudah banyak produk susu kedelai yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar